Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Sekolah Ramah Anak
- Kategori: KLA
- Oleh: admweb
- Tanggal: 14 April 2025
- Views: 43
Sekolah Ramah Anak (SRA) adalah satuan pendidikan yang berupaya menjamin dan memenuhi hak-hak anak, serta melindungi mereka dari kekerasan, diskriminasi, dan perlakuan salah lainnya. SRA mengutamakan prinsip non-diskriminasi, kepentingan terbaik anak, dan penghargaan terhadap martabat anak dalam seluruh aspek kehidupan sekolah.
Monitoring dan evaluasi (monev) sekolah ramah anak adalah proses sistematis untuk memantau dan menilai penerapan program sekolah ramah anak (SRA) di satuan pendidikan. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa sekolah menciptakan lingkungan yang aman, nyaman, dan mendukung tumbuh kembang anak, serta memenuhi hak-hak anak. Monev ini melibatkan pengamatan, pengumpulan data, analisis, dan pelaporan untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan dalam implementasi SRA.
Aspek-aspek yang Dimonitor dan Dievaluasi:Kebijakan SRA,apakah sekolah telah memiliki kebijakan yang jelas mengenai SRA, termasuk pencegahan kekerasan dan diskriminasi; Pelaksanaan Pembelajaran, apakah proses pembelajaran di kelas memperhatikan hak-hak anak, inklusif, dan menyenangkan; Pendidik dan Tenaga Kependidikan, apakah guru dan staf terlatih dalam pemenuhan hak-hak anak dan penerapan prinsip SRA; Sarana dan Prasarana,apakah fasilitas sekolah seperti toilet, ruang kelas, dan area bermain aman, bersih, dan ramah anak; Partisipasi Anak, Apakah siswa dilibatkan dalam pengambilan keputusan dan kegiatan sekolah; Partisipasi Orang Tua dan Masyarakat, Apakah orang tua dan masyarakat terlibat aktif dalam mendukung program SRA.
Dengan diadakannya kegiatan monitoring dan evaluasi ini diharapkan akan membantu sekolah dalam menciptakan lingkungan yang aman, nyaman, dan mendukung tumbuh kembang anak, sehingga anak-anak dapat belajar dengan optimal dan bahagia.